Apa langkah pertama yang Kawan Kreator pilih untuk dilakukan ketika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)? Menentukan strategi pembelajaran? Mengumpulkan materi ajar? Atau memikirkan tujuan pembelajarannya terlebih dahulu?
Tidak sedikit dari kita yang terbiasa menggunakan pola: membuat strategi pembelajaran → menentukan materi ajar → menentukan asesmen → baru terpikirkan kira-kira tujuan apa yang dapat tercapai dengan upaya tersebut.
Namun, pernahkah terbesit dalam benak Kawan Kreator bahwa setiap upaya pembuatan rancangan kegiatan belajar-mengajar sepatutnya memikirkan tujuannya terlebih dahulu?
Dalam bukunya yang berjudul “Understanding by Design”, biasa disingkat dengan UbD, Jay McTighe dan Grant Wiggins mengemukakan 3 tahapan dalam merancang pembelajaran:
Menentukan Tujuan Pembelajaran → Menentukan Asesmen Pembelajaran → Menentukan Materi Pembelajaran → Membuat Strategi Pembelajaran
Semua elemen (asesmen, materi ajar, dan strategi) harus bermuara pada tujuan yang telah ditetapkan di awal perancangan. Setiap pendidik diajak untuk mulai merancang pembelajaran dari apa yang diinginkan pada akhir pembelajaran nanti. Tujuan akhir pembelajaran haruslah menjadi hal yang ditentukan di awal perencanaan pembelajaran.
Perlu diingat, bahwa UbD:
UbD adalah pola berpikir saat merancang pembelajaran.
Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Akhir Pembelajaran?
Cara menentukan tujuan pembelajaran dapat dimulai dengan mengajukan pertanyaan pemantik berikut ini:
“Apa yang paling berharga dan paling penting untuk pembelajaran murid di antara 1001 hal lain yang kita ingin ajarkan, di tengah semua keterbatasan (waktu, tenaga, sumber daya, dan lain-lain)?”
Sebuah alat bantu bernama Diagram Prioritas dapat menjadi panduan yang baik bagi Kawan Kreator:
Contoh Penerapan Diagram Prioritas
Penerapan Diagram Prioritas untuk menentukan tujuan akhir dalam sebuah proses pembelajaran murid tentu sangat fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai jenjang, konteks sekolah, serta mata pelajaran yang diampu. Berikut adalah 2 (dua) contoh penerapan Diagram Prioritas:
Matematika, 6 SD, topik: Peluang
Seni Rupa, 6 SD, topik: Reklame
Hati-hati dengan miskonsepsi umum dalam melihat dan membuat Diagram Prioritas: bagian terluar bukan berarti tidak penting. Diagram Prioritas ini merupakan sebuah alat bantu untuk menentukan prioritas dari setiap materi ajar yang masuk ke dalam rancangan pembelajaran Kawan Kreator. Semua materi ajar tersebut penting, tetapi berbeda pada tingkatan prioritasnya saja.
Dengan memahami penggunaan Diagram Prioritas, diharapkan Kawan Kreator bisa terbantu untuk menentukan tujuan pembelajaran, sehingga tercipta proses pembelajaran yang senantiasa berpihak pada murid demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila sambil berproses dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
Dalam mendukung upaya pemerintah menerapkan Kurikulum Merdeka di setiap satuan pendidikan, Guru Kreator turut berperan serta mengupayakan sebuah inovasi yang ditujukan untuk meringankan beban administrasi guru. Platform Guru Kreator sekiranya dapat menjadi solusi dan jawaban bagi para guru agar dapat lebih mengefisienkan waktu dalam urusan administrasi & operasional, serta memprioritaskan waktunya untuk berelasi lebih maksimal dan lebih banyak dengan para peserta didik.
Untuk informasi lebih lanjut dan pengajuan demo platform, Kawan Kreator dapat menghubungi tim kami di sini.
Salam berkreasi!
Sumber:
Materi Seri Workshop Pendidik Balai Guru Penggerak (BGP) Sulawesi Utara bersama Paideia Educational Solutions “Mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan Backward by Design” pada Selasa, 18 Oktober 2022.
Your email address will not be published. Required fields are marked*
Tim kami siap berdiskusi dan mencarikan solusi unik bagi kebutuhan Anda.
Tim kami akan menghubungi Anda melalui surel (email) dalam waktu dekat.